RPP PENYELIDIKAN IPA
Materi IPA kelas 7
Tujuan Pembelajaran :
Langkah-langkah Pembelajaran :
- Peserta didik dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
- Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
- Peserta didik dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Penilaian
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
- Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
- Guru mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
- Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Penyelidikan IPA, Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA, Kegunaan Mempelajari IPA, Objek yang Di pelajari dalam IPA
- Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan
- Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan
- Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber
- Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
- Peserta didik membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Guru memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
- Tes Tertulis
- Tes Lisan
- Proyek, pengamatan, wawancara’
- Portofolio / unjuk kerja
- Produk,
0 komentar:
Posting Komentar