Rabu, 03 Juni 2020

Silabus Pembelajaran IPA

SILABUS PEMBELAJARAN
Silabus IPA 7 Sem 1

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Selengkapnya di >>sini<<

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku)
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda- benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku


Materi
Pengukuran 
Besaran Pokok dan turunan
Satuan baku dan tak baku

Pembelajaran
Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, panjang rambut, berat (massa) badan

Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran

Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan,dan laju pertumbuhan tanaman.

Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku

Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

Kompetensi Dasar 
3.2 Mengklasifikas ikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

Materi Pokok

Klasifikasi
· Makhluk hidup dan benda tak hidup
· Ciri-ciri makhluk hidup
· Klasifikasi makhluk hidup
· Pengenalan mikroskop

Pembelajaran

Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok- kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar

Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia
Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

Kompetensi Dasar

3.3 Menjelaskankonsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari- hari
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

Materi Pokok

Zat dan Karakteristiknya
· Zat Padat, Cair, dan Gas
· Unsur, Senyawa, dan Campuran
· Sifat fisika dan kimia
· Perubahan  fisika dan kimia

Pembelajaran
Mengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, dan makanan menjadi basi
Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mendiskusikannya dengan teman

Kompetensi Dasar

3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya 
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

Materi Pokok

Suhu dan Kalor
· Suhu
· Alat pengukur suhu 
   Pemuaian 
· Kalor
· Perpindahan kalor

Pembelajaran
Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari

Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari

Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

Kompetensi Dasar
3.5  Menganalisiskonse p energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari- hari termasuk fotosintesis
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis

Materi Pokok

Energi
· Bentuk-bentuk energi
· Sumber energi
· Perubahan bentuk energi
· Transformasi energi dalam sel
· Fotosintesis
· Respirasi
Pembelajaran
· Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari- hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi
· Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
· Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
· Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi, percobaan fotosintesis, dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis serta mendiskusikannya dengan teman.





0 komentar:

Posting Komentar